Makanan tinggi minyak bukanlah makanan sehat, tapi menghindarinya memang sangatlah sulit. Makanan berminyak berkandungan lemak tinggi. Jenis lemak pada makanan ini biasanya juga merupakan lemak jahat yang merugikan kesehatan. Lantas, apa saja dampak yang mungkin muncul saat sering makan makanan mengandung minyak?

Bahaya makanan berminyak bagi kesehatan

Salah satu cara memasak yang mudah dan praktis yakni menggoreng. Itulah mengapa jenis makanan yang paling banyak dikonsumsi adalah makanan berminyak

Konsumsi makanan tinggi minyak sesekali dalam seminggu masih wajar. Namun, jika terlalu sering dan berlebih, minyak pada makanan dapat menimbulkan masalah kesehatan berikut.

1. Dapat Menimbulkan Penyakit Jantung

Dengan mengonsumsi gorengan terlalu banyak dapat menyebabkan efek buruk bagi kesehatan di kemudian hari, dengan dimulai dari timbulnya obesitas yang pada akhirnya dapat menyebabkan munculnya penyakit jantung.

Selain itu saat mengonsumsi gorengan data macau terlalu banyak, kandungan kalori yang cukup tinggi di dalamnya dapat menyebabkan tubuh memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi.

Kolesterol yang cukup tinggi di dalam tubuh dapat menyumbat pembuluh darah yang menuju ke jantung, dan menyebabkan berbagai macam penyakit jantung.

2. Dapat Menyebabkan Obesitas

Mengonsumsi gorengan terlalu banyak dapat menyebabkan naiknya berat badan secara berlebihan. Itu disebabkan kandungan kalori yang cukup tinggi pada gorengan.

Kandungan lemak trans pada gorengan juga dapat menyebabkan penimbunan lemak yang cukup banyak di dalam tubuh Anda.

Obesitas dapat menyerang Anda setiap waktu jika terlalu banyak mengonsumsi gorengan. Obesitas yang dibiarkan berlarut-larut akan menimbukan berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung dan stroke.

3. Mengganggu Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan kita membutuhkan asupan makanan yang mengandung serat cukup tinggi agar sistem pencernaan berjalan dengan lancar dan terjaga kesehatannya.

Namun terlalu banyak mengonsumsi gorengan yang tidak memiliki serat dan cenderung mengandung terlalu banyak kalori dan lemak, dapat mengganggu sistem pencernaan. Lemak di dalam gorengan terkadang sulit untuk dicerna oleh tubuh,

4. Meningkatkan Risiko Terkena Diabetes

Anda dapat memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 jika terlalu banyak mengonsumsi gorengan, selain itu mengonsumsi makanan cepat saji lainnya juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit ini.

Itu disebabkan banyaknya kalori yang terkandung di dalam gorengan dan makanan cepat saji yang berdampak pada kelebihan berat badan dan sulitnya mengatur kadar gula dalam darah.

Saat kadar gula di dalam darah tidak dapat dikontrol dan terlalu tinggi, makan diabetes tipe 2 dapat menyerang diri Anda kapan saja.

5. Menyebabkan Tenggorokan Gatal dan Batuk-batuk

Gorengan dibuat dengan cara menggorengnya dengan minyak yang berlebihan, terkadang mereka juga digoreng di dalam minyak yang telah digunakan berkali-kali.

Hal tersebut dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan yang dapat menyebabkan tenggorokan terasa gatal dan menyebab seseorang batuk-batuk.